Kenali Bintik-bintik pada Demam Berdarah, Campak, Roseola, Rubela dan Alergi


Ini adalah ShareTweet by dr. Frecillia Regina @FrecilliaRegina

Saya merangkumnya disini, agar tidak hilang begitu saja.  Bila ada pertanyaan, silahkan langsung saja mention bu dokter @FrecilliaRegina :)

1. Demam berdarah :

Gejala awalnya demam tinggi, sulit turun walaupun diberikan obat penurun panas. Tampak lemes, nafsu makan minum turun

Kadang diselingi muntah/mencret. Timbul bintik2 merah di kulit plg sering tangan kaki, wkt ditekan bintiknya tetap ada http://pic.twitter.com/Rceq0IgJ

Untuk anak yg lebih bsr, bs ngeluh sakit kepala, pegel2, sakit tulang, sakit perut, mual

Bisa cek trombosit hari ke-3. Demam biasanya turun hari ke-4 atau 5. Inilah saat yg bahaya. Pastikan cukup cairan (banyak minum), bnyk pipis

NS-1 diperiksa pd hari 1-3. Kalau udah hari ke-5 dst, periksa IgM & IgG anti dengue

Tanda bahaya : anak tidak sadar, kejang, kekurangan cairan, muntah darah, BAB darah, keringat dingin slrh tubuh. Cepet ke UGD ya..

Obatnya cuma cairan (minum atau infus).

Pencegahan dgn 3M, kelambu, lotion anti nyamuk

 

2. Campak :

Gejala awalnya panas, batuk, beringus, mata merah disertai belekan http://pic.twitter.com/y4Cr5uBd

Saat keluar bercak2 merah, panas makin tinggi. Bercak merah timbul mulai dr blkg telinga, wajah, badan trus tgn & kaki http://pic.twitter.com/4Sr6zzeF

Bercak merah kalo ditekan menghilang. Bbrp hari kmdn berubah bercak hitam. Ini tanda penyembuhan. Bercak hitam menghilang agak lama (2 mgg)

Bercak merah maupun bercak hitam tidak gatal. Campak akan sembuh sndiri krn penyebabnya virus. Saat demam bs diberikan penurun panas

Tanda bahaya : panas tinggi disertai kejang, penurunan kesadaran, mencret2, sesak napas, suara serak, sakit/keluar cairan dari telinga

Cegah campak dgn imunisasi saat 9 bln, ulangan saat 6 thn. Bisa diberikan MMR saat 15 bln, ulangan saat 5 thn jd ngga perlu ulangan campak

 

3. Roseola : alias exanthema subitum

Biasanya mengenai bayi (6 bulan sampe 15 bulan).

Gejalanya hanya demam selama bbrp hari

Saat demam turun, timbul bercak2 merah. Anak jd lebih aktif, menunjukkan tanda2 kesembuhan. Ini bedanya dgn campak http://pic.twitter.com/R812LG6x

Penyebab roseola juga virus, jd akan sembuh dgn sendirinya. Saat bayi demam & rewel bisa diberikan penurun panas (paracetamol

Roseola tidak berbahaya, namun krn tipe demamnya mirip demam berdarah, pd hari ke-3 tetap perlu periksa lab (hematokrit dan trombosit)

Bercak merah tidak gatal & akan menghilang dlm 2 hari

 

4. Rubela (campak Jerman) :

Gejalanya bisa demam ringan, batuk pilek, skt kepala, skt tnggorokan. Yg khas : pembesaran kelenjar getah bening

Pembesaran kelenjar ini dpt diraba di belakang kepala (perbatasan rambut), belakang telinga, daerah leher dan nyeri saat ditekan

Pembesaran kelenjar timbul sblm bercak & akan mengecil stlh 1 minggu. Saat bercak merah timbul, demam msh ringan atau mulai menghilang

Bercak merah dari muka ke badan, ditekan akan menghilang. Saat bercak di tangan kaki timbul, yg di wajah menghilang. Bercak dirasakan gatal

Rubela penyebabnya virus, hilang dgn sndirinya. Jarang menyebabkan bahaya, kecuali bila ibu hamil yg terkena.. bayinya bisa kelainan bawaan

Demam rubela jarang diatas 38.5, jd ini yg membedakan dgn demam berdarah & campak. Tidak perlu cek darah (lab)

Pencegahannya dengan imunisasi MMR (mumps-measles-rubella atau gondongan -campak-campak jerman) saat 15 bulan dan ulangannya saat 5 thn.

 

5. Alergi :

Didahului kena alergen (makanan, debu, dingin, panas, infeksi dll). Biasanya bercak merah seluruh tubuh & gatal

Bercak merah seperti pulau2, ada yg besar ada yg kecil, agak timbul, teraba panas. Makin digaruk makin bengkak & merah http://pic.twitter.com/VGtmkfpB

Bisa disertai bibir jontor, mata & telinga bengkak.

Tanda bahaya : sesak napas, bengkak seluruh tubuh, pingsan/kesadaran menurun

Obatnya : bedak kocok dioleskan ke daerah yg bengkak. Minum antihistamin, untuk yg berat bs diberikan steroid

Pencegahan : hindari alergen atau zat yg dpt menyebabkan alergi

About these ads

34 thoughts on “Kenali Bintik-bintik pada Demam Berdarah, Campak, Roseola, Rubela dan Alergi

  1. Ita yanuar says:

    Kebetulan anku lg ada bercak2,thx

  2. rina rahayu says:

    anakku mungkin terkena campak jerman usianya 6 bulan pas…
    kemudian di belakang kepalanya ada benjolan kecil sebesar biji kacang,,
    panasnya sudah tidak ada, tp bintik-bintik merah di wajah, tubuh dan punggungnya masih banyak..

  3. Klu anakq badanx panas,di seluruh tubuh ada bintik2 merah gatal.usiax 5thn.sakit apa ya

  4. maria says:

    mbak,artikelnya keren.kebetulan mggu kmrn anakku smpet sakit,en aku bolak balik buka web ini utk bandingin kondisinya.
    Ijin share ya. Thx u.

  5. Deri says:

    bbrp hr lalu anakku (2th) panas 37-37,5′ ga kmd munculbintik2 merah di wajah dan di punggung, kuraba belakang kepalanya ada benjolan. Kmgkn kena virus rubela ya???skrg udah sembuh tp benjolannya koq sh ada ya,meskipun memang sdh mengecil. Apakah nantinya bs hilang ato memang benjolan kecil tsb menetap?

  6. Mayang says:

    saya usia 20th , kena bintik2 merah di tangan dan kaki , ga gatal , kemari 2 malam panas , tpi skrg engga lagi, badan trasa capek, letih, kpala pusing, jari tengah tangan yang kanan kiri terasa membengkak, kira2 itu kenapa ya?

    • Ayu says:

      Mba saya juga bru terkena gejala tersebut selama seminggu, dan sekarang masih bintik2 merah. Dari pengalaman mbak, ini gejala apa? Bagaimana penyembuhannya? Terimakasih

  7. tian says:

    anak umur 3 thn,mukanya keluar bintik2 merah,,, itu knp y??

  8. Kalau kurang tidur bisa menyebabkan apa saja?
    demam termasuk gk?
    dan kalau muncul bintik2 kecil saat demam itu tandanya apa?
    saya cuma pusing dikit + demam (msh berkaitan dgn kurang tidur).

  9. mbakje says:

    Reblogged this on Rumah Mbakje and commented:
    penting dibaca nih bu ibu…!

  10. Dananjaya says:

    Saya usia 38 th : berawal dari mata saya merah dah 10 hari dan pakai Cendo Xitrol dan Gentamicin jadi kepakai dah 2 botol serta sy dah konsumsi 10 tablet Amocilin 500 mg tapi mata merah mereda namun masih kabur nah akhirnya sy periksakan ke polmata dikasi amoxcilin lagi dan salep mata gentamicin namun di hari kedua badan sy meriang dan besoknya keluar bintik merah….sharing gejala apa yaaa?

  11. rita ariyanti says:

    anakku 2 mgg lalu terkena campak. sudah sembuh tapi sekarang di badannya timbul bintik2 kecil di seluruh badannya. kenapa ya?

  12. fitri says:

    sangat bermanfaat,semoga barokah bg yg menulisnya

  13. Anita Yuniar says:

    Anak sy usia 7 th skr juga demam, dan tenggorokan sakit, perut jg sakit katanya, ada merah2 di belakang telinga dan leher belakang, apakah perlu di bawa ke dokter ya?ini baru hari ke 2

    • JustNeida says:

      Dari gejalanya kemungkinana campak, ya. Lebih baik segera dibawa ke dokter, bu. Maaf tidak bisa banyak bantu jawab, karena saya bukan ahlinya…

  14. yorif says:

    tanya nih..anak sy panas 2 hari trs kluar bintik merah di kaki spt gejala DB disertai sariawan dan skrg panas sdh turun dan bintiknya masih ada bahkan nambah…kira2 anak sy sakit apa ya? makasih

  15. dewi says:

    anaku umur 6 blan stelah dimunisasi kmudian demam q liat timbul bntik merah knpa ya udah 2 hri anak chbsa aktif,,,cuman pup ny agak mencret knpa y

  16. tatang says:

    nice artikel, thanks mba udh share

  17. Ikhsan says:

    Sangat bermanfaat, terimakasih infonya mba

  18. Melia says:

    MLM buk, ini anak saya demam tinggi,39,8. Tinggi suhunya, Udh dibawa kedokter SP,anak.diksh parasetamol n puyer tp panasnya susah turun, anak saya ga ada keluhan seperti flu,batuk,cm panas tinggi,ada bintik2 merah dibadanya ,saat ditekan bintik menghilang ,tp saat suhu bdnnya naik banyak klwr bintik2 nya,setelah agak turun bintik pun berkurang dan Kdng ada yg menghilang .itu kenapa ya?umur anak saya 5th . Makasih

    • Melia says:

      Sekarang anak saya hr ke 6 panas tinggi gini,dy mulai sariawan,gusi sakit n bibir pecah2 dan kering gt

      • Melia says:

        Ada bintik merah ,tapi keluarnya hanya saat demamnya tinggi gt aja,saat demam turun bintik ada yg menghilang,dan ada msh sedikit ,pas ditekan bintik menghilang

      • Just Neida says:

        Malam, Mom. Sebelumnya maaf, sy bukan dokter, hya share aja.
        Baiknya anak mama dibawa lagi ke dokter, mengingat panasnya masuh ada di hari ke 6. Minta periksa darah ya, mom. Mdhan sih ga papa. Moga anaknya lekas sembuh.

  19. gita says:

    maaf saya mau nanya, kebetulan saya ada bintik” merah di wajah, tangan, kaki, sebelumnya saya badannya panas, tapi sekarang panasnya sudah mendingan, tapi bintik merahnya blum hilang, malah nambah banyak. tetapi 1 hari waktu saya demam, bintik merahnya blum ada, kira” kenapa ya ? saya jga sblumnya mengalami batuk, pilek, skit tnggorokkan hampir serak
    gita, 16 tahun

    • Just Neida says:

      Kalau menurut pengalaman saya sih, kayaknya campak tu mbak. Tapi buat mastiin, mending periksa aja ke nakes, ya. Moga lekas sembuh, mbak ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s